Masker Kunyit
Image: supplemania.net

12 Manfaat Masker Kunyit Yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Dewasa ini banyak masyarakat yang sadar untuk kembali menggunakan bahan alami untuk kecantikan. Diantaranya menggunakan Masker Kunyit.

Biasanya kunyit digunakan sebagai bumbu dapur juga sebagai minuman kesehatan, Karena manfaatnya sangat banyak yang terkandung dalam kunyit.

Bahkan saat ini Kunyit Juga digunakan sebagai Masker perawatan wajah. Apa saja sih manfaat Masker kunyit sebenarnya ? itu yang sering ditanyakan masyarakat

Berikut Manfaat Masker Kunyit Yang Harus Kamu Ketahui

Masker Alami Untuk Membuat Wajah Glowing - Masker Kunyit
Image: Pixabay.com

1. Mengusir Jerawat

Kandungan AntiOksidan yang banyak pada kunyit membantu mengusir jerawat pada wajah. Selain mengusir Jerawat membandel Masker kunyit juga mampu membantu menyerap minyak berlebih pada wajah yang merupakan salah satu penyebab Jerawat.

2. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Efek samping dari Jerawat adalah noda bekas jerawat yang cukup mengganggu. Tidak perlu menggunakan skincare yang mahal, kamu bisa menggunakan bahan kunyit sebagai masker yang ada di setiap dapur di Indonesia.

3. Mengurangi HiperPigmentasi

Apa itu HiperPigmentasi, Hiperpigmentasi yaitu dimana kondisi kulit yang tidak rata, dimana ada bagian kulit yang tampak lebih gelap dari lainnya.

Dengan Masker Kunyit bisa membantu keadaan hiperpigmentasi ini pada kulit sehingga tampilannya lebih merata kembali.

4. Meredakan Peradangan

Kandungan dalam kunyit juga mampu membantu untuk mengurangi penyebab radang bekas jerawat pada wajah. Dimana kandungan Curcumin di Kunyit mampu meredakan peradangan di arthritis juga di kulit.

Baca Juga:  WOW Begini Manfaat Masker Kopi Dan Putih Telur

5. Anti Bakteri

Masker Kunyit mampu mencegah tumbuhnya bakteri pada wajah yang merupakan penyebab Jerawat bernanah dan staph.

6. Mengatasi Hirsutisme

Hirsutisme yaitu dimana kondisi rambut halus pada wajah yang berlebihan, yang pada sebagian orang itu sangat mengganggu. Kondisi ini biasanya disebabkan ketidakseimbangan hormon.

Bahkan kalau kamu memiliki masalah ini kunyit juga bisa kamu aplikasikan sebagai minuman untuk mengobati ketidakseimbangan hormon dari dalam tubuh.

7. Mencegah Keriput

Dengan penggunaan masker kunyit secara rutin ini bisa membantu kamu untuk mengurangi penyebab penuaan dini dan keriput pada wajah.

Karena masker kunyit mampu membuat tekstur kulit pada wajah tetap kenyal dan lembut karena kunyit menutrisi wajah langsung ke pori pori.

8. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat masker kunyit pada wajah mampu mengangkat sel sel kulit mati serta mampu meremajakan kondisi kulit dengan mengurangi gejala kulit kering.

Kamu juga bisa mengkombinasikan masker kunyit dengan membuatnya sebagai minuman serta menambahkannya dalam menu makanan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari kunyit pada wajahmu.

9. Antioksidan

Dengan kandungan Antioksidan dalam kunyit yang mampu menangkal radikal bebas yang membuat sel kulit cepat rusak. Dengan kunyit mampu mencegah hiperpigmentasi, luka bakar, dan masalah kulit lainnya.

10. Membuat Wajah Lebih Glowing

Dengan kandungan Antioksidan dan anti peradangan yang terdapat pada kunyit ini mampu membuat wajahmu tampak lebih glowing.

Kamu bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti Kunyit, Yoghurt, dan madu untuk membuat masker wajah.

11. Melindungi dari Sinar UV

Berdasarkan Presentasi dari American Academy of Dermatology (AAD) yang menyebutkan bahwa krim pelembab yang memiliki kandungan kunyit  sebagai bahannya mampu untuk mengurangi bintik hitam dan garis garis halus pada wajah akibat dari sinar UV.

Paparan sinar UVB dalam waktu yang lama juga bisa mengakibatkan hilangnya elastisitas kulit. Dengan penggunaan masker kunyit secara teratur mampu untuk mencegah hal tersebut.

12. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sama ampuhnya dengan produk kosmetik yang beredara dipasaran saat ini, Kunyit juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Baca Juga:  Masker Wajah Berjerawat

Bahan alami selain tidak memiliki efek samping yang berarti pada kulit juga sudah dibuktikan khasiatnya dari jaman dahulu oleh para orang tua.

Cara Membuat Masker Kunyit

Untuk membuat masker kunyit caranya sangat mudah, bahan bahannya bisa kamu dapatkan disekitar kamu dengan mudah.

Bahan Masker Kunyit

  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok makan madu murni
  • 1/2 sendok teh cuka apel
  • 1 tetes essential lemon atau sari lemon
  • 1/2 sendok teh Yoghurt

Cara Membuat Masker Kunyit

  1. Bersihkan wajah dari kotoran debu dan bekas make up dengan air hangat agar pori pori kulit terbuka
  2. Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan yang sudah disiapkan
  3. Campurkan hingga rata dan membentuk seperti pasta agar mudah untuk dioleskan ke wajah.
  4. Oleskan bahan masker keseluruh permukaan kulit wajah dan leher dengan rata dan hindari area sekitar mata dan hidung.
  5. Diamkan selama 20-30 menit agar khasiat dari kunyit meresap kedalam pori kulit.
  6. Bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa maske pada wajah, lalu ulangi bilas dengan air dingin agar pori kulit menutup kembali.

Gunakan masker wajah ini dengan ruti Maksimal 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan.

Efek Samping Masker Kunyit

Sebelum menggunakan masker apapun ada baiknya kamu mengetahui apa jenis kulit kamu terlebih dahulu, agar bisa meminimalisir efek samping dari masker yang akan kamu gunakan.

1. Kulit Terasa Terbakar

Kamu bisa mengalami gejala efek samping masker ini jika kamu menggunakannya secara berlebihan. Jadi sangat disarankan penggunaan maksimal 2-3 kali saja seminggu.

2. Wajah Terlihat Menguning

Pada dasarnya sifat dari kunyit adalah dominan warna kuning. Jadi untuk membilasnya pertama gunakan air hangat untuk membersihkan masker dan membuka pori kulit, lalu bilas kembali dengan air dingin agar pori menutup kembali.

Dengan cara ini diharapkan agar efek samping dari arna kuning akibat menggunakan masker ini bisa dikurangi.

Baca Juga:  10 Produk Masker Untuk Memutihkan Wajah

3. Muncul Bintik Merah Pada Kulit

Jangan menggunakan masker kunyit lebih dari 30 menit untuk meminimalisirkan munculnya bintik merah pada wajah, danbersihkan hingga benar benar bersih saat mencuci wajah.

4. Merusak Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif ada baiknya untuk menghindari masker ini, atau kamu bisa mencoba dulu pada kulit tangan untuk mengetahui reaksinya pada kulit kamu.

5. Menyebabkan Dehidrasi Kulit

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak memang bagus menggunakan masker ini, karena mampu untuk mengontrol sebum minyak berlebih pada kulit. Tetapi sebaliknya Jika jenis kulitmu kering maka ada kemungkinan menyebabkan hilangnya kelembaban kulit sehingga terjadi dehidrasi kulit.

Tetapi kamu bisa mencampur masker kunyit ini dengan susu atau Yoghurt karena kedua bahan ini mampu untuk meningkatkan kelembaba pada kulit.

6. Kulit Terasa Cekit Cekit

Kandungan Antiseptik pada kunyit ini berfungsi membunuh bakteri pada kulit, sehingga akan terasa cekit cekit pada wajah. Efek samping ini tidak berbahaya tetapi membuat tidak nyaman pada sebagian orang.

Kesimpulan

Nah itu tadi Informasi tentang beberapa manfaat kunyit yang harus kamu ketahui, beserta bagaimana cara membuat maskernya.

Jadi untuk penggunaan masker dari bahan alami seperti masker Alpukat, Masker Mentimun, Masker kunyit ini intinya jangan berlebihan. Cukup gunakan 2-3 kali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bahan alami ini.

Untuk Efek sampingnya sendiri masker dari bahan alami relatif tidak memiliki efek samping yang cukup signifikan daripada masker dari bahan kimia untuk penggunaan jangka panjangnya.

Jadi tetap gunakan apapun itu jangan berlebihan dan secukupnya saja, Selama Mencoba.