Kapan Awal Ramadan 2020 Indonesia
Image: tribunnews

Ramadan 2020 Indonesia

Posted on

Sebentar lagi kaum muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan Ramadan dengan suka cita. Kapan Awal Ramadan 2020 Indonesia di mulai itu pertanyaan yang sering ditanyakan jika menjelang Ramadhan.

Ramadan 2020 Indonesia

Berdasarkan Kalender Islam (HIJRIYAH) tahun 2020 Masehi, Kemungkinan Rukyatul Hilal Global 1 Ramadhan tahun ini akan jatuh pada tanggal 23 April 2020, Sehingga Puasa Hari pertama akan dilaksanakan Hari Jum’at 24 April 2020.

Ramadan 2020 Indonesia 2020

Adapun lebih baik untuk menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Indonesia.

Apa sih Ramadan itu?

Ramadhan merupakan bulan ke 9 dalam perhitungan tahun Hijriah. Untuk penanggalan Islam dengan Masehi sedikit berbeda dimana acuan Penanggalan Hijriah adalah bulan sedangkan Masehi berdasarkan Matahari perhitungannya.

Penanggalan Hijriah bervariasi antara 29 sampai 30 hari berdasarkan penampakan bulan. Puasa di Bulan Ramadan merupakan salah satu Rukun Islam.

Kewajiban Selama Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, dimana kita di wajibkan untuk menahan hawa nafsu baik itu berupa makanan, minuman dan Syahwat mulai dari waktu Imsak sampai Waktu Iftar atau Berbuka Puasa.

Seperti dalam Firman ALLAH SWT Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 183

“Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

(Surat Al-Baqarah: 2:183)

Keberkahan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah yang di berikan ALLAH SWT kepada umat muslim, Seperti dalam Firman ALLAH SWT

Baca Juga:  Ramadhan Kareem

“… dan laki-laki dan perempuan yang berpuasa, … Allah telah mempersiapkan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.” 

(Surah Al-Ahzab, 33:35)

Seperti juga diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Bahwa Rasulullah Muhammad SAW mengatakan

“Siapa pun yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, dosa masa lalunya akan diampuni”

(Sahih Bukhari: 38)

Selama Bulan Ramadhan Pintu Surga akan dibuka dan Neraka ditutup seperti diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah Muhammad SAW mengatakan

“Ketika bulan Ramadhan dimulai, gerbang surga dibuka dan gerbang neraka ditutup dan iblis dirantai.”

(Sahih Bukhari: 1899)

Amalan Selama Ramadhan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat penuh rahmat dan berkah bagi seluruh umat islam di dunia. Ada amalan amalan yang bisa kamu lakukan selama bulan ramadhan karena seperti diketahui jika amalan baik akan mendapatkan pahala 70 kali lipat dari bulan biasanya.

selama Bulan Ramadhan semua amal kebaikan akan di naikkan 70 kali lipat Diriwayatkan oleh Sahabat Salman Alfarisi RA Pada akhir Syaban Rasulullah SAW mengatakan:

‘Wahai manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung dan penuh berkah. Di dalamnya terdapat satu malam yang nilai (ibadah) di dalamnya lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa pada siang harinya sebagai sebuah kewajiban, dan menghidupkan malamnya sebagai perbuatan sunnah. Siapa yang mendekatkan diri (kepada Allah) dengan satu kebaikan (pada bulan itu), seolah-olah ia mengerjakan satu perbuatan wajib pada bulan lainnya. Siapa yang mengerjakan satu perbuatan wajib pada bulan yang lain, ia seolah-olah mengerjakan tujuh puluh kebaikan di bulan lainnya.’

Baca Juga:  Ramadhan Kareem

(Sahih Ibn Khuzaymah, Hadith No. 1887)

  • Membaca Al-Quran

Membaca AlQuran

Ramadan juga merupakan bulan Alquran karena Al-Quran diturunkan pada 17 Ramadhan, untuk memuliakan Al-Quran selama bulan ramadan agar mendapatkan pahala kita bisa melakukan Khatamul Quran minimal 1 kali selama Ramadhan.

Meskipun mengkhatamkan Al-Quran tidak wajib karena itu merupakan amalan Mustahab/makruh dimana jika dikerjakan  akan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak apa apa.

  • Melakukan Itikaf

Itikaf merupakan Sunah-Al-Muaqidah (Sunah yang sangat dianjurkan) dimana bisa berdiam diri di masjid atau dirumah saja dengan tujuan untuk memperbanyak amalan selama bulan ramadhan.

Duduk Itikaf selama 10 hari terakhir pada bulan ramadhan bisa dilakukan pada hari ke 20 sampai menjelang bulan Syawal tampak.

Seperti diriwayatkan Oleh Siti Aisyah RA:

“Nabi (SAW) senantiasa beri’tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian istri-istri beliaupun beritikaf seperti itu sepeninggal beliau.”

(Sahih Bukhari: 2026)

  • Shalat Malam / Tarawih

Sholat Tarawih merupakan amalan tambahan selama bulan ramadan yang dilakukan sesudah sholat Isya. Meskipun bukan suatu kewajiban Sholat Tarawih merupakan tambahan untuk amalan selama ramadhan.

  • Menemukan Lailatul Qodar

Lailatul Qodar malam yang nilainya sama dengan malam 1000 bulan. Lailatul Qodar juga disebut malam Kemuliaan, malam yang sangat diharapkan oleh semua muslim diseluruh dunia.

Menurut Rasulullah SAW disarankan melakukan setiap amal kebaikan pada malam ganjil 10 hari Ramadhan agar bisa mendapatkan kemulian dari Lailatul Qodar.

Baca Juga:  Ramadhan Kareem

  • Bayar Zakat

Zakat Juga merupakan salah satu Rukun Islam amalan ini juga menjadi penting karena dilakukan pada bulan Ramadan. Zakat berguna untuk mensucikan harta yang kita miliki jika sudah mencapai 1 Nisob dan sudah dimiliki selama 1 tahun penuh.

Sedangkan Zakat Fitrah diwajibkan agar kita juga bisa berbagi dengan sesama saudara yang tidak mampu, Zakat wajib di berikan kepada para Muzakki.

Bulan Ramadhan Merupakan bulan yang penuh berkah, Ramadan juga bulan Instropeksi terhadap apa yang sudah kita lakukan selama 1 tahun kebelakang.

Selama Bulan ini kita bisa bermunajat untuk memohon ampunan kepada ALLAH SWT, beribadah dengan Iman yang tulus dengan selalu mengharapkan Ridho ALLAH SWT.

Ramadan 2020 Indonesia tinggal bebeapa hari lagi semoga kita semua umat muslim sudah mempersiapkan untuk menyambut bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini.